Teroris Jadi Menteri

Teroris Jadi Menteri

Kehadiran Gus Dur di setiap kesempatan, baik resmi maupun tidak resmi, selalu ditunggu siapa pun. Selain pidatonya yang kocak, ia juga kerap melontarkan kritik yang pas untuk disampaikan. Kritik sarkasme juga mengundang tawa dari siapapun yang mendengarnya.

Salah satu guyonannya berbau sindiran ia ungkapkan saat didapuk pada pidato pembukaan konsolidasi nasional Partai Kebangkitan Bangsa yang digelar di Hotel Sari Pan Pacific pada tahun 2006. Sebagai acara berskala nasional, tentu hadir Hampir semua pejabat di bawah naungan PKB, serta beberapa menteri. Jumlah tamu undangan yang datang kurang lebih 200 orang.

Teroris menjadi menteri?

Gus Dur yang juga staf kepresidenan itu mengomentari isu teroris yang sudah tidak ada lagi di Indonesia pada 2006. Memang, pada tahun itu, kasus terorisme sempat mereda setelah ditangkapnya beberapa gembong teroris oleh polisi Indonesia.

Lalu, apakah artinya Indonesia aman dari teroris?

“Semua teroris sekarang sudah menjadi menteri, jadi CIA bercanda bahwa Indonesia bebas dari teroris,” kata Gus Dur mengundang tawa dari para tamu yang hadir. Yang dimaksud Gus Dur adalah "teroris" adalah orang yang suka menebar ketakutan di masyarakat. Entah untuk siapa menteri itu dimaksudkan, tapi lelucon ini penuh sindiran, tapi tetap konyol.

Dalam kesempatan tersebut, Gus Dur mengkritik pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dinilai kurang tegas terhadap Timor Leste. “Negara kecil seperti Timor Leste bisa mempermainkan negara kita, tentunya negara kita menjadi bahan tertawaan,” ujarnya.

Tawa hadirin pun meledak saat Gus Dur menyinggung soal impor garam. “Garam yang diimpor terlalu banyak karena Indonesia dikuasai 70% air. Kalau bodoh banget ya tidak apa-apa, tapi sengaja bodoh,” kata Gus Dur yang melanjutkan itu. importir mendapat 10 dolar per satu ton.

Baca:  Benarkah Foto Di Facebook Jadi Milik Umum? Yuk Pahami Tentang Hak Cipta Dan Lisensi Fotomu

Yang lebih konyol lagi adalah komentarnya tentang pembunuhan Munir. “Saya tahu pembunuh Munir. Tapi biar saya simpan karena saya takut dibawa ke pengadilan, ”sambung tawa itu.

Postingan Teroris Menjadi Menteri pertama kali muncul di Cerita Lucu, Komik Lucu, dan Humor Terbaru 2021.