Poligami

Poligami

Dulu, Gus Dur sebenarnya punya segudang alasan untuk berpoligami. Namun, hingga akhir hayatnya, ia tidak tertarik untuk berpoligami dan tetap setia kepada istri satu-satunya, Sinta Nuriyah, meski tidak dikaruniai seorang putra oleh Yang Maha Kuasa.

Saat itu, anak perempuan dianggap memiliki tingkatan yang lebih rendah dari anak laki-laki sehingga banyak kalangan Nahdlatul Utama (NU) yang merasa ogah-ogahan kalau kiai tidak punya anak laki-laki sama sekali.

Gus Dur memang punya empat anak, tapi keempatnya perempuan. Ini membuatnya sering menerima saran untuk menikah lagi. Bahkan tidak sedikit wanita yang diperkenalkan padanya untuk menikah siri. Hasil? Tentu untuk mendapatkan keturunan laki-laki. Namun, Gus Dur tidak ingin berpoligami dan menghindari perempuan tersebut.

Banyak orang yang penasaran dengan alasan Gus Dur begitu menentang poligami. Pertanyaan ini akhirnya terjawab pada suatu kesempatan pada peringatan Hari Kartini tahun 2002, ketika Gus Dur saat itu mengatakan bahwa poligami adalah tindakan yang dilakukan oleh orang-orang yang kurang memahami isi kitab suci. Demikian kira-kira penjelasan Gus Dur saat itu.

“Dijelaskan di buku kami bahwa poligami bisa dilakukan dengan adil. Nah, perempuanlah yang menentukan adil atau tidaknya kami,” ujarnya di sela-sela peringatan Hari Kartini yang digelar di Jogja saat itu.

Saat itu, Gus Dur didampingi istrinya, Sinta Nuriyah, yang juga membaca tulisan Kartini dan poligami. Mungkin itu juga yang menjadi alasan Gus Dur memilih untuk tidak berpoligami padahal sebenarnya bisa untuk mendapatkan keturunan laki-laki.

Bukan Gus Dur namanya jika tidak menyuguhkan ciri khas humornya yang garing. Ia juga mengolok-olok kasus poligami ini di lain waktu. Menurutnya, dirinya memiliki analisis tersendiri mengapa banyak kiai NU berpoligami.

Baca:  Hadiah Untuk Pengebom

“Ya, apa lagi yang bisa saya lakukan, kan? Kiai-kiai tidak boleh datang ke diskotik apalagi ke tempat prostitusi. Pilihan mereka hanya poligami,” candanya.

Postingan Poligami pertama kali muncul di Cerita Lucu, Komik Lucu dan Humor Terbaru 2021.