Pengertian Geologi

Pengertian Geologi

Memahami Geologi – Geologi adalah ilmu kebumian yang merupakan ilmu penting dan harus dieksplorasi. Banyak fenomena alam yang terjadi di bumi disebabkan secara alamiah dan dapat dijelaskan secara alamiah. Selain itu, geologi juga dapat digunakan untuk lebih mengeksploitasi kekayaan di darat dan di laut. Berikut beberapa penjelasan penting mengenai pengertian geologi, fungsi, cabang ilmu, dan aplikasinya.

Pengertian Geologi Menurut Para Ahli

pengertian geologi menurut para ahli
wikipedia.org
  1. Katili

Pengertian geologi menurut katili merupakan ilmu yang membahas tentang kerak bumi. Ilmu pengetahuan alam dapat digunakan untuk mengidentifikasi atau mengidentifikasi lapisan kerak bumi dari lapisan paling dalam hingga lapisan terluar.

  1. Djauhari Noor

Djauhari Noor memaknai geologi sebagai ilmu yang mempelajari ilmu kebumian dan isinya. Dengan mempelajari geologi, manusia dapat mengetahui dan memahami semua proses yang terjadi di bumi dan materi pembentuknya. Selain itu, ilmu geologi juga membahas tentang sejarah terbentuknya bumi dan perkembangannya.

  1. Munir

Pengertian geologi menurut ahli geologi Munir adalah ilmu yang membahas tentang berbagai fenomena yang berhubungan dengan bumi. Berbagai macam fenomena dapat dengan mudah dikenali saat mempelajari geologi. Ilmu ini juga membahas tentang proses terbentuknya bumi dengan berbagai material yang terkandung di dalamnya.

  1. Jakson dan Bates

Bates dan Jakson mendefinisikan geologi sebagai ilmu yang memberikan informasi tentang planet bumi. Informasi tersebut mengenai berbagai bentuk kehidupan yang ada di bumi, sejarah planet bumi, proses dan hasil proses yang terjadi di bumi, serta materi yang menyusun bumi. Informasi ini tentunya sangat berguna dalam bidang-bidang tertentu.

  1. Parker

Pengertian geologi yang dijelaskan oleh Parker adalah ilmu yang mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan bumi yang meliputi geometri batuan, proses sedimentasi, proses erosi dan pelapukan secara alami atau yang disebabkan oleh faktor tertentu, dan lain sebagainya. Selain itu, ilmu geologi juga membahas tentang segala macam kehidupan di bumi dan segala fenomena alam yang terjadi di dalamnya.

  1. Noer Aziz

Menurut Noer Aziz, pengertian geologi adalah ilmu kebumian yang terdiri dari kelompok-kelompok kajian mengenai susunan, struktur, dan juga asal muasal terbentuknya bumi. Dengan mempelajari geologi, manusia dapat mengetahui segala bentuk dan macam proses alam yang dapat mempengaruhi kehidupan di bumi.

  1. Holmes

Ahli geologi menjelaskan bahwa geologi memiliki peran penting dalam mengetahui bagaimana evolusi bumi dan persebaran semua penghuni bumi. Holmes menyatakan bahwa melalui material batuan sebagai contoh evolusi bumi dapat diketahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pembentukannya dan material pembentuknya.

Fungsi Geologi

memahami geologi dan fungsinya
worldscholarshipforum.com
  1. Sebagai Ilmu

Berdasarkan pengertian geologi dapat diartikan bahwa geologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi baik di permukaannya maupun di bagian dalam bumi. Geologi mempelajari komposisi, sejarah, struktur, bentuk, bahkan proses pembentukan bumi.

Karena banyaknya hal yang dapat dipelajari, menjadikan fungsi geologi sebagai ilmu yang sangat penting. Banyak yang bisa diperoleh dengan mempelajari geologi ini.

  1. Sebagai Pengetahuan Alam

Geologi juga berfungsi sebagai ilmu pengetahuan alam. Karena geologi mempelajari semua fenomena yang ada di bumi, baik itu di permukaan bumi maupun di bumi. Namun, tidak semua gejala yang terjadi di alam dapat diproses di laboratorium. Proses geologi terjadi di alam dengan sendirinya.

  1. Sebagai Pengetahuan Sejarah

Proses geologi di alam tidak terjadi dalam waktu yang singkat. Namun, proses geologi membutuhkan waktu yang lama, bahkan hingga jutaan tahun. Dengan proses yang panjang, menjadikan fungsi geologi sebagai ilmu sejarah yang bisa dipelajari. Entah itu sejarah bumi atau yang lainnya.

Ahli geologi Hutton menyatakan bahwa masa kini adalah kunci masa lalu. Dengan teori Hutton terlihat bahwa yang ada di masa sekarang adalah proses geologi yang memakan waktu lama.

Cabang Geologi

pemahaman tentang geologi dan cabang-cabangnya
earthhow.com
  1. Petrologi

Berdasarkan pengertian geologi, petrologi merupakan salah satu cabang ilmu geologi yang berhubungan dengan batuan dan bagaimana batuan tersebut terbentuk. Cabang ilmu petrologi geologi dibagi lagi menjadi tiga cabang, yaitu batuan metamorf, batuan sedimen, dan batuan beku. Petrologi berasal dari kata Yunani pertra yang artinya batu.

Cabang petrologi beku berfokus pada komposisi dan tekstur batuan beku. Batuan beku adalah batuan berupa granit atau basal yang telah mengalami kristalisasi dari batuan magma. Batuan beku Petrologi termasuk batuan plutonik dan vulkanik.

Petrologi gugus batuan metamorf lebih menitikberatkan pada kajian komposisi dan tekstur batuan metamorf. Batuan metamorf adalah batuan seperti batu marmer yang berasal dari batuan sedimen atau batuan beku yang mengalami proses perubahan mineralogi, tekstur, atau kimiawi. Hal ini disebabkan oleh kondisi suhu dan tekanan yang ekstrim.

Petrologi cabang batuan sedimen lebih menitikberatkan pada mempelajari tekstur dan komposisi batuan sedimen. Batuan sedimen berbentuk seperti batugamping atau batupasir yang mengandung bahan yang lebih halus.

Cabang geologi dari petrologi memanfaatkan bidang klasik petrografi, mikroskop, analisis kimia, dan mineralogi. Para ahli di cabang geologi ini menggunakan peralatan bertekanan cukup tinggi, bersuhu tinggi untuk melakukan eksperimennya. Ini karena menyelidiki tekanan sintetis, suhu tinggi, geokimia, dan hubungan fasa bahan alami.

  1. Mineralogi
Baca:  Pengertian Globalisasi

Cabang ilmu geologi yang mempelajari mineral disebut mineralogi. Mineralogi mempelajari mineral baik dalam bentuk kesatuan maupun dalam bentuk individu. Dalam cabang ilmu geologi ini mempelajari tentang kegunaan, cara mendapatkannya, cara pembentukannya, sifat kimiawi, dan sifat fisik mineral.

Mineralogi berasal dari kata mineral dan logos. Mineral memiliki arti yang sangat berbeda satu sama lain. Faktanya, mineral tidak didefinisikan sebagai organik dan anorganik tetapi sebagai bahan

  1. Paleontologi

Berdasarkan pengertian geologi, paleontologi merupakan salah satu cabang ilmu geologi yang mempelajari sejarah kehidupan masa lampau di bumi, baik tumbuhan maupun hewan. Paleontologi dalam bahasa Yunani terbagi menjadi tiga kata yaitu paleon yang artinya tua atau berhubungan dengan masa lalu, ontos yang artinya kehidupan, dan logos yang artinya ilmu.

Ada juga yang menyebut paleontologi sebagai paleobiologi. Paleobiologi terbagi menjadi tiga kata, paleon yang artinya tua, bios yang artinya kehidupan, dan logos yang artinya ilmu.

Paleontologi tidak menggunakan makhluk hidup yang masih hidup melainkan menggunakan fosil yang terawetkan di bumi. Menggunakan fosil sebagai bahan penelitian, paleontologi disebut juga ilmu tentang fosil yang dulunya hidup pada zaman purba.

  1. Stratigrafi

Stratigrafi adalah salah satu cabang ilmu geologi. Stratigrafi adalah ilmu yang mempelajari tentang komposisi, sejarah, persebaran lapisan batuan, umur, dan interpretasi lapisan batuan yang digunakan untuk menjelaskan sejarah bumi.

Stratigrafi yang dipelajari memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui sejauh mana penyebaran lapisan batuan. Berdasarkan hasil korelasi atau perbandingan antar lapisan, maka dapat dikembangkan lebih lanjut dalam litostratigrafi yang berkaitan dengan litologi, stratigrafi tentang kandungan fosil, dan kronostratigrafi tentang umur.

Cabang geologi ini pertama kali muncul di dunia di Inggris Raya pada abad kesembilan belas. Pelopor cabang geologi ini adalah William Smith. Stratigrafi ini lahir ketika William mengamati beberapa superposisi lapisan batuan.

Dengan hasil penemuannya ini, William membentuk sistem yang berlaku untuk publik. Saat itu, ilmu ini belum diberi nama. Dengan ditemukannya William kemudian berkembang menjadi suatu ilmu yang mempelajari hubungan, susunan, dan asal-usul batuan yang sekarang dikenal sebagai stratigrafi.

Stratigrafi berasal dari dua kata, strati dan grafis. Starti berasal dari kata stratos yang artinya lapisan dan grafik yang berasal dari kata grafik atau graphos yang artinya gambar.

Aplikasi Ilmu Geologi

memahami geologi dan aplikasinya
steemit.com
  1. Hidrologi

Geologi dapat diterapkan di bidang hidrologi atau hidrogeologi. Hidrologi adalah bidang yang membahas tentang segala kegiatan yang berkaitan dengan upaya pemanfaatan airtanah. Penerapan ilmu geologi di bidang ini berupa penyaluran airtanah melalui pipa-pipa yang dapat digunakan manusia untuk kehidupan sehari-hari.

  1. Minyak bumi

Geologi Petroleoum atau yang biasa disebut dengan minyak bumi adalah bidang yang digunakan untuk mengetahui peluang terjadinya gas alam berupa minyak bumi yang terkandung di dalam bumi. Dengan mempelajari ilmu geologi secara keseluruhan, Anda dapat dengan mudah mengetahui wilayah mana di lapisan bumi yang banyak mengandung minyak dan dapat dialirkan ke permukaan.

Ini juga bisa meningkatkan pendapatan minyak bagi negara. Perlu diketahui bahwa untuk melaksanakan kegiatan ini diperlukan pengetahuan yang cukup agar tidak menimbulkan dampak lingkungan yang serius.

  1. Teknik Geologi

Teknik geologi adalah bidang yang mempelajari korelasi antara berbagai bidang teknik dan ilmu geologi. Rekayasa Geologi atau Rekayasa geologi dapat digunakan untuk membuat irigasi, bendungan, dan bangunan lain yang dapat dijadikan sarana pelengkap untuk menunjang kehidupan.

  1. Pertambangan

Penambangan geologi atau penambangan merupakan salah satu kegiatan yang sangat umum dilakukan di Indonesia. Eksplorasi produk pertanian yang melimpah ini terus meningkatkan perekonomian negara.

Dengan mempelajari ilmu geologi, Anda akan memahami bagaimana proses pembentukan hasil tambang dan di mana letak barang tambang tersebut. Anda dapat melacak lokasi tanaman ini yang disimpan menggunakan alat canggih atau dengan data citra satelit.

  1. Geologi Lingkungan

Geologi lingkungan merupakan salah satu aplikasi geologi yang bergerak dalam bidang interaksi antar lingkungan. Geologi lingkungan penting untuk mengevaluasi hubungan yang ada antara manusia dan lingkungan. Pemanfaatan lingkungan harus tepat dan seimbang agar tatanan tidak terganggu.

***

Itulah uraian tentang pengertian geologi, fungsinya, cabang ilmu, dan aplikasinya yang dapat digunakan di berbagai bidang. Berdasarkan uraian di atas, geologi merupakan ilmu penting yang menjadi dasar bagi Anda untuk peka terhadap lingkungan. Perlu Anda ketahui bahwa ilmu geologi memiliki banyak cabang dan ilmu terapan yang tentunya dapat diterapkan di bidang tertentu.

Posting Definisi Geologi muncul pertama kali di Kozio.com.