Menteri Pertahanan

Menteri Pertahanan

Ketika menjadi presiden, Gus Dur memiliki tugas untuk memilih menteri yang akan menjabat. Namun, ternyata di balik pemilihan menteri, ada cerita unik tentang bagaimana pertimbangan Gus Dur dalam memilih menteri dan bidang yang akan dijalankan. Hal itu pernah dituturkan Mahfud MD yang juga salah satu menteri pilihan Gus Dur.

Saat itu, saat baru dilantik menjadi presiden, Gus Dur menawarkan Mahfud MD menjadi menteri di bidang pertahanan. Mendengar hal itu, Mahfud MD jelas kaget dan tidak percaya. Sebab, dirinya merasa tidak memiliki latar belakang di bidang pertahanan apalagi militer. Dia sebenarnya lebih dikenal di dunia akademis. Karenanya, Mahfud MD yakin Gus Dur salah bicara.

"Mungkin maksud Anda, Menteri Pertanahan Gus?" Koreksi Mahfud MD. Namun Gus Dur menggelengkan kepala, ia tetap yakin akan mengangkat Mahfud MD sebagai Menteri Pertahanan.

"Tidak, benar Menteri Pertahanan," kata Gus Dur.

Mahfud MD ragu dengan tawaran tersebut. Ia merasa tidak punya pengalaman sama sekali, sehingga ia tidak yakin dengan posisi yang ditawarkan Gus Dur.

"Tapi Gus, saya tidak punya pengalaman di bidang pertahanan, mengapa Anda memilih saya?" Mahfud MD kembali bertanya, masih memastikan apakah Gus Dur benar-benar serius menawarkan posisi itu kepadanya.

Mendengar hal itu, Gus Dur menjawab dengan enteng dan beralasan juga. "Soalnya, saya tidak punya pengalaman sebelumnya sebagai Presiden, tapi saya terpilih. Anda juga bisa melakukannya."

Jawaban Gus Dur membuat Mahfud MD tertawa dan merasa alasan yang diberikan Gus Dur cukup beralasan. Lucunya, karena jawaban dan alasan yang diberikan oleh Gus Dur, akhirnya Mahfud MD menerima tawaran untuk mengisi posisi Menteri Pertahanan yang pernah ia jabat selama 1 tahun, dari tahun 2000 hingga 2001 sebelum pindah menjadi Menteri Kehakiman. .

Baca:  Otak Presiden Indonesia

Pos Menteri Pertahanan pertama kali muncul di Cerita Lucu, Komik Lucu dan Humor Terbaru 2021.