Konghucu Ala NU

Konghucu Ala NU

Gus Dur dikenal sebagai negarawan yang menjunjung tinggi keberagaman suku, agama, dan ras di Indonesia. Ia merangkul semua pihak sehingga ia dekat dengan semua orang. Tak terkecuali Bunshu Bingky Irawan, aktivis MATAKIN atau Majelis Agama Konghucu Indonesia.

Bingky dan Gus Dur sudah dekat sejak lama, di mana ia mendapat perhatian Gusdur sejak masa Orde Baru. Kedekatannya membuat Bingky sering ditahan di Polda atau Kodam. Pada masa Orde Baru, Konghucu tidak diakui sebagai salah satu agama resmi di Indonesia. Semua kegiatan yang berhubungan dengan agama ini, terutama perayaan Tahun Baru Imlek di pagoda juga dilarang.

Namun, saat Gus Dur menjabat sebagai presiden, ia mengukuhkan Konghucu sebagai salah satu agama resmi di Indonesia. Peraturan ini berlaku hingga saat ini, dimana masyarakat dapat dengan mudah mengikuti perayaan Imlek di berbagai pura di seluruh Indonesia. Bahkan masyarakat selalu menunggu perayaan Imlek untuk bisa menyaksikan barongsai dan menikmati lontong cap go meh secara gratis. Tak hanya itu, masyarakat yang tinggal di sekitar pura juga harus mendapat bantuan sembako.

Bingky bercerita bahwa dia pernah bergabung dengan Gus Dur di sebuah pesantren. Saat itu, Bingky merasa selalu dibuntuti oleh intel. Bingky juga mempertanyakan apakah Gus Dur aman jika mengikuti Gus Dur ke pesantren. Gus Dur menjawab, tentu semuanya aman, asal masuk pesantren bersama Gus Dur.

Bingky tak sungkan mengikuti Gus Dur meski merasa kikuk saat menjadi perhatian warga pesantren. Mereka heran kenapa ada warga Indonesia keturunan Tionghoa yang ikut pesantren. Gus Dur juga mengetahui kegelisahan Bingky, sekaligus menjawab pertanyaan warga pesantren '. rasa ingin tahu. Ia mengenalkan Bingky sebagai orang Tionghoa yang udah NU padahal belum bisa shalat.

Baca:  Dilarang Masuk

Bingky kaget dan bertanya "Apa maksud Bapak Gus kok saya dianggap udah NU?" Seperti biasa, jawaban Gus Dur ringan. Minoritas harus bergabung dengan mayoritas jika ingin bertahan hidup, kata Gus Dur. Bingky pun setuju dan setuju dengan pendapat tersebut.

Postingan Konfusianisme Ala NU pertama kali muncul di Cerita Lucu, Komik Lucu dan Humor Terbaru 2021.